1-2-3 Magic in the Classroom: Effective Discipline for Pre-K Through Grade 8, 2nd Edition

1-2-3 Magic in the Classroom: Effective Discipline for Pre-K Through Grade 8, 2nd Edition

Matematika Q.

[tex]\mathfrak{126×497=}[/tex]
pake cara bersusun, klw engga otw report -,-

Nt: skskskks,, mentemn w pasang sw ngebucin mulu,, apalah nasib saia yang jomblo ini -,-​

Q.

[tex]\mathfrak{126×497=}[/tex]
pake cara bersusun, klw engga otw report -,-

Nt: skskskks,, mentemn w pasang sw ngebucin mulu,, apalah nasib saia yang jomblo ini -,-​

Jadi hasil dari 126 × 497 adalah 62.622

[tex] \: \tt\huge\color{ffbebc}{\underbrace{\color{ffabab}{ \: }{\color{ffabab}{P}{\color{pink}{e}{\color{ffabab}{n}{\color{pink}{d}{\color{ffabab}{a}{\color{pink}{h}{\color{ffabab}{u}{\color{pink}{l}{\color{ffabab}{u}{\color{pink}{a}{\color{ffabab}{n}{\color{plum}{ \: }}}}}}}}}}}}}}} [/tex]

Hai teman-teman,kali ini kita akan belajar tentang operasi hitung. Apakah kalian tahu apa itu operasi hitung? Yuk simak lebih lanjut penjelasan dibawah ini!

Operasi hitung terdapat 4 macam,yaitu :

  • Penjumlahan

Penjumlahan adalah suatu operasi hitung yang cara kerjanya dengan menambahkan bilangan yang satu dengan bilangan yang lain untuk menghasilkan suatu bilangan baru. Plus (+) adalah lambang dari operasi hitung ini.

Contoh :

Andi membeli 15 pensil lalu ia membeli lagi 5 pensil, berapa pensil Andi sekarang?

= 15 + 5

= 20 ☑

Jadi pensil yang dimiliki oleh Andi ada 20 pensil.

  • Pengurangan

Pengurangan adalah kebalikan dari penjumlahan, ia dikurangkan bukan ditambahkan. Minus (-) adalah lambang dari operasi hitung ini

Contoh :

Andi mempunyai 20 pensil lalu ia memberikan 5 pensil kepada temannya. Berapa sisa pensil Andi sekarang?

= 20 - 5

= 15 ☑

Jadi sisa pensil Andi adalah 15 pensil.

  • Perkalian

Perkalian adalah kegiatan menjumlahkan suatu bilangan dengan cara diulang-ulang. Kali (×) atau titik (.) adalah lambang dari operasi hitung ini

Contoh :

Ibu membelikan Andi 5 kotak kue bolu, masing-masing kotak memiliki isi 15 bolu. Berapa banyak pensil jika ibu Andi membeli 5 kotak bolu?

= 15 × 5

= 15 + 15 + 15 + 15 + 15

= 30 + 15 + 15 + 15

= 45 + 15 + 15

= 60 + 15

= 75 ☑

Jadi banyaknya kue bolu dalam 5 kotak adalah 75 bolu

  • Pembagian

Pembagian adalah kebalikan dari perkalian, kita bisa menggunakan cara porogapit. Bagi (÷) atau titik dua (:) adalah lambang dari operasi hitung ini.

Contoh :

Hari ini Siti membeli 15 buah apel, lalu ia ingin membagikannya kepada 5 temannya. Berapa banyak buah apel yang dimiliki masing-masing teman Siti?

= 15 ÷ 5

= 3 ☑

Jadi setiap teman Siti mendapat 3 buah apel

Operasi hitung memiliki beberapa sifat yaitu :

Sifat Komutatif (pertukaran)

Rumus :

c + d = d + c = e

c × d = d × c = e

Keterangan :

c dan d adalah bilangan yang dioperasikan

e adalah hasil dari bilangan yang dioperasikan tadi

Berikut contohnya :

➭ Penjumlahan

8 + 7 = 15

7 + 8 = 15

➭ Perkalian

5 × 7 = 35

7 × 5 = 35

Sifat komutatif ini hanya berlaku pada penjumlahan dan perkalian, sedangkan jika di pengurangan/pembagian maka hasilnya pasti akan berbeda.

Contohnya :

➭ Pengurangan

12 - 7 = 5

7 - 12 = -5

➭ Pembagian

100 ÷ 25 = 4

25 ÷ 100 = 0,25

Hasilnya tidak akan sama jika tempatnya ditukar, jadi pengurangan/pembagian tidak bisa menggunakan sifat komutatif

Sifat Assosiatif (Pengelompokan)

Rumus :

(c + d) + e = c + (d + e) = f

(c × d) × e = c × (d × e) = f

Keterangan :

c, d, dan e adalah bilangan yang dioperasikan

f adalah hasilnya

Contohnya :

➭ Penjumlahan

(8 + 5) + 3 = 16

8 + (5 + 3) = 16

➭ Perkalian

(2 × 3) × 5 = 30

2 × (3 × 5) = 30

Sifat Assosiatif sama seperti sifat komutatif. Sifat ini hanya bisa dilakukan kepada penjumlahan/perkalian bukan pengurangan/pembagian, karena nanti hasilnya akan berbeda. Seperti contoh dibawah ini :

➭ Pengurangan

(5 - 3) - 1 = 1

5 - (3 - 1) = 3

➭ Pembagian

(16 ÷ 4) ÷ 2 = 2

16 ÷ (4 ÷ 2) = 8

Sifat Distributif (Penyebaran)

Rumus :

a × (b + c) = (a × b) + (a × c) = d

a × (b - c) = (a × b) - (a × c) = d

[tex]\boxed{\tt {\pink{Pembahasan \: Soal : }}}[/tex]

= 126 × 497

= 62.622

Cara terlampir!

_______________________________

Pelajari lebih lanjut :

  • https://brainly.co.id/tugas/2480578
  • https://brainly.co.id/tugas/2912290
  • https://brainly.co.id/tugas/17540811

Detail Jawaban :

  • ➛ Kelas : VI
  • ➛ Materi : Bab 1 - Bilangan Bulat
  • ➛ Kode soal : 2
  • ➛ Mapel : Matematika
  • ➛ Kode kategorisasi : 6.2.1
  • ➛ Kata kunci : Bilangan Bulat

→ 126 × 497

→ 62.622

[tex]\purple{\boxed{\blue{\boxed{\green{\star{\orange{\ \: \: \mathcal{JK} \: \: \: {\green{\star}}}}}}}}} [/tex]

[answer.2.content]