1-2-3 Magic in the Classroom: Effective Discipline for Pre-K Through Grade 8, 2nd Edition

1-2-3 Magic in the Classroom: Effective Discipline for Pre-K Through Grade 8, 2nd Edition

Fisika Bumi berputar mengelilingi Matahari. Akibat dari pergerakan tersebut adalah . . . . perubahan cuaca pergantian musim pergantian siang dan malam perbedaan waktu di beberapa belahan Bumi

Bumi berputar mengelilingi Matahari. Akibat dari pergerakan tersebut adalah . . . . perubahan cuaca pergantian musim pergantian siang dan malam perbedaan waktu di beberapa belahan Bumi

Peristiwa berputarnya bumi mengelilingi matahari disebut dengan revolusi bumi. Akibat dari pergerakan tersebut adalah terjadinya perubahan cuaca, adanya pergantian musim, pergantian siang dan malam serta perbedaan waktu di beberapa belahan Bumi. Kala revolusi merupakan lama waktu yang dibutuhkan bumi untuk melakukan satu kali revolusi.

Pembahasan

Bumi mengalami dua peristiwa penting yaitu Revolusi dan Rotasi. Revolusi bumi merupakan peristiwa berputarnya bumi mengelilingi matahari. Rotasi bumi merupakan peristiwa perputaran bumi pada sumbunya. Kedua peristiwa yang disebutkan tadi mempunyai dampak pada bumi, tetapi juga mempunyai manfaat. Kala revolusi merupakan lama waktu yang dibutuhkan bumi untuk melakukan satu kali revolusi. Kala revolusi bumi yaitu 365 lebih ¼ hari atau 1 tahun. Lintasan revolusi bumi bentuknya adalah elips. Sehingga, selama satu tahun penuh bumi berputar mengelilingi matahari sambil melakukan rotasi. Dampak atau akibat dari revolusi bumi yaitu :

  1. Perbedaan lamanya waktu siang dan malam : Revolusi bumi yang disertai dengan kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika yang besar nya 23 ½° menyebabkan perbedaan lama siang dan malam.
  2. Gerak semu tahunan matahari : Peristiwa ini seakan-akan menunjukkan pada waktu tertentu matahari terdapat di belahan bumi utara dan waktu yang lain matahari terdapat di belahan bumi selatan. Misalnya pada bulan Juni sinar matahari menerpa di dinding rumah bagian utara, namun pada saat bulan Desember sinar menerpa di bagian selatan.
  3. Perubahan musim : adanya siklus perubahan musim yang dialami oleh beberapa negara yang mempunyai empat musim yaitu musim semi, panas, gugur dan musim dingin, namun beberapa negara yang terdapat di dekat garis katulistiwa mempunyai dua musim.
  4. Perubahan penampakan rasi bintang : adanya perubahan gugusan atau rasi bintang di langit yang kemudian digunakan sebagai tanda zodiak.
  5. Tahun kabisat : kala revolusi Bumi berlangsung selama 365 ¼ hari. Akibat dari adanya perbedaan seperempat hari, maka untuk mempermudah manusia untuk melakukan penanggalan dilakukan pembulatan menjadi 365 hari. Peristiwa ini ditunjukkan dengan adanya peristiwa 4 tahun sekali yang hanya ada 29 hari pada Februari.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang revolusi bumi dan akibatnya https://brainly.co.id/tugas/51077636

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]